Sugeng Rawuh

Para rencang ingkang kula tresnani, sumangga kula aturi mirsani serat-seratan saking kula menika, mugi saged mranani ing penggalih.

Sunday, May 22, 2011

Banyak Alasan untuk BANGGA pada Diri Sendiri

Ada seorang tukang becak, BANGGA ketika bercerita tentang anaknya yang sering ranking 1, tapi tidak bisa kuliah, dan sekarang anaknya sudah bekerja di suatu tempat dengan gaji 1.500.000.

Ada seorang pemilik usaha, BANGGA ketika dia tak pernah alpa membubuhkan gelar akademis yang disandangnya di sebelah namanya setiap dia harus menandatangani berkas.

Ada seorang penjaga loket pembayaran, BANGGA ketika dia menggunakan kemampuan bahasa Inggrisnya yang tak terlalu lancar, dengan menuliskan "Please take a number" dan menaruhnya di depan nomor antrian.

Ada seorang anak kecil, BANGGA ketika dia bisa menyanyikan "Satu-satu aku sayang Ibu" dengan pengucapan yang masih  cadel.

Ada seorang kakek tua, BANGGA menceritakan kisah hidupnya ketika masih muda dan gigih berjuang, ikut serta dalam perang kemerdekaan.

Ada seorang pengangguran, BANGGA ketika menceritakan impian-impiannya untuk membuka usaha baru

Ada banyak alasan untuk menjadi BANGGA, pada apa yang telah kita lakukan, atau apa yang akan kita lakukan, di sana terkandung keyakinan, kepuasan dan semangat untuk maju, tak jauh pula dari sebuah ungkapan syukur, seperti  tukang becak yang BANGGA pada anaknya, pemilik usaha yang selalu menuliskan gelarmya, penjaga loket yang mempraktikkan kemampuan bahasa Inggrisnya, anak kecil yang masih cadel menyanyi, kakek tua yang sudah "berumur" mengenang masa lalunya dan si pengangguran yang tetap BANGGA pada dirinya karena masih punya impian untuk maju berusaha.

Orang-orang itu nyata, mereka ada di dekatku, di sekitarku, dan masih banyak orang lagi yang memiliki kebanggaannya sendiri, dan ketika mereka bercerita, kau dapat melihat sinar matanya, dan itu bisa membuatmu menangis mungkin, karena orang2 itu membuat kita berkaca, melihat diri kita ke dalam, apakah yang membuat kita bangga menjadi KITA, menjadi AKU.

Mungkin kita lemah, mungkin kita tidak cantik, mungkin tidak kaya, mungkin bahkan (maaf) cacat. tapi itu TIDAK APA-APA, pasti ada sesuatu yang masih bisa dibanggakan dan masih ada orang yang BANGGA pada diri kita dengan seluruh keterbatasan yang ada, selama kita melakukan hal-hal yang baik.

KEBANGGAAN atas diri sendiri bukanlah untuk menyombongkan diri, melainkan untuk membesarkan hati, menguatkan diri, mensyukuri nikmatNya, inilah sebentuk "terima kasih" lain kepada Yang Kuasa.

Akhir kata, KITA BOLEH BERBANGGA, SEBAB ADA BANYAK ALASAN UNTUK BANGGA PADA DIRI SENDIRI!

No comments:

Post a Comment